Kontak kami

081271833602

7 Rekomendasi Aplikasi Habit Tracker

tracker untuk kebiasaan baik

Saat berdiskusi tentang membangun kebiasaan baik, Motiva sering mendapat pertanyaan, apa rekomendasi aplikasi habit tracker yang terbaik?

Sebetulnya, tidak ada yang terbaik dari semua aplikasi, karena setiap orang tentu punya preferensi dan kebutuhan yang berbeda.

Tapi kalau selama ini belum pernah menggunakan aplikasi habit tracker, berikut Motiva rekomendasikan 7 habit tracker yang bisa Sahabat coba.

Sedang membangun kebiasaan baik, coba gunakan habit tracker

#1. Loop Habit Tracker

Aplikasi tracker yang user friendly dan yang utama, gratis!

Tracker ini bisa melacak kebiasaan harian, mingguan, bahkan bulanan.

Untuk menambahkan satu kebiasaan baru, cukup ketuk tanda “+”. Sahabat akan diberi pilihan bagaimana kebiasaan tersebut akan Sahabat lakukan, apakah cukup dengan “Ya” dan “Tidak”, atau punya ukuran tertentu (misal lari berapa kilometer, berapa ml air yang diminum, dan lain sebagainya).

Oya, Sahabat Motiva juga bisa memilih apakah kebiasaan tersebut Sahabat lakukan harian, mingguan, atau bulanan.

Sangat rekomended untuk Sahabat yang menyukai antar muka sederhana, dan hanya membutuhkan aplikasi untuk melacak habit saja.

Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan F-Droid

#2. HabitBull

Seperti loop tracker, aplikasi ini juga mengijinkan penggunanya memilih bagaimana kebiasaan mereka dilacak; apakah dengan “Ya” atau “Tidak (“melakukan” atau “tidak melakukan”) atau berdasar jumlah tertentu.

Fitur yang ditawarkan cukup lengkap seperti back up data, sinkronisasi dengan banyak perangkat dan integrasi dengan Google Fit. Bahkan terdapat juga fitur komunitas yang bisa Sahabat pakai sebagai “teman seperjuangan”.

Penggunaan gratis hanya bisa mencatat hingga 5 kebiasaan saja, jika ingin melacak lebih banyak kebiasaan, perlu untuk mendaftar sebagai pengguna premium.

HabitBull tersedia dalam versi Android dan iOs

#3. Habio

Sahabat Motiva suka journaling? Nah, coba aplikasi Habio untuk melacak kebiasaan yang sedang Sahabat bangun.

Menggunakan aplikasi Habio, kita seperti diajak memulai sebuah perjalanan baru.

Pertama Sahabat akan diajak untuk memilih, kebiasaan apa yang ingin Sahabat bangun saat ini, apakah kebiasaan yang terkait dengan kesehatan mental, atau kesehatan fisik.

Kemudian Sahabat akan diajak untuk memetakan kondisi saat ini, berapa kali dan dimana kebiasaan tersebut akan dilakukan.

Dilengkapi dengan fitur podcast, kuis, dan artikel ringkas untuk membantu pengguna tetap termotivasi.

Versi gratis tersedia selama 3 hari sebelum memutuskan membeli versi premium. Aplikasi ini tersedia dalam versi Android dan iOs

#4. Habit Tracker: Daily Planner

Aplikasi habit tracker dan produktivitas  yang mudah digunakan

Kebiasaan dalam aplikasi ini di kelompokkan sesuai waktu; pagi, siang, sore, dan malam.

Sahabat Motiva juga bisa menambahkan konteks sendiri, misalnya, setelah mandi, setelah lari pagi, dan lain sebagainya.

Setiap kebiasaan akan ditampilkan sesuai dengan konteks.

Dilengkapi juga dengan habit log activity, yang bermanfaat untuk menuliskan insight Sahabat setelah melakukan kebiasaan tersebut.

#5. Fabulous

Sahabat Motiva suka aplikasi yang all in one? Maka cobalah aplikasi habit tracker Faboulous.

Aplikasi yang pernah memenangkan Google’s Material Award ini akan mengajak Sahabat memahami diri sendiri terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan kebiasaan apa yang tepat untuk Sahabat.

Pertama membuka aplikasi, Sahabat akan diminta menjawab beberapa pertanyaan sederhana terkait dengan kebiasaan sehari-hari, kekuataan fokus, termasuk kebiasaan menunda.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan, selanjutnya Sahabat akan diajak membangun pondasi-pondasi kebiasaan selama 3 hari, yaitu minum segelas air pada jam 9 malam.

Aplikasi habit tracker dan self development

Aplikasi ini benar-benar mengajak penggunanya untuk membangun kebiasaan dari sedikit demi sedikit.

Dilengkapi dengan podcast, konsultasi coach (hanya tersedia dalam bahasa Inggris), dan artikel-artikel pendek untuk membantu pengguna tetap termotivasi.

Untuk menggunakan seluruh fitur aplikasi Sahabat perlu berlangganan versi premium.

#6. Habitica

Aplikasi ini unik, karena cara bekerjanya mirip dengan bermain game petualangan.

Sebelum mulai memilih kebiasaan yang ingin dibangun, Sahabat Motiva akan diajak untuk membuat Avatar. Avatar ini yang akan menjadi bukti seberapa konsisten Sahabat dalam melakukan kebiasaan yang dipilih.

Jika berhasil melakukan 1 kebiasaan di hari berjalan, maka Sahabat akan mendapat hadiah items, seperti telur, makanan, kelinci dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga bisa menjadi planner atau reminder tugas-tugas penting yang Sahabat ingin lakukan.

Di awal penggunaan memang butuh penyesuaian dengan antar-muka aplikasi, tapi akan semakin asik setelah penggunaan kedua dan ketiga.

Habitica juga tersedia dalam versi Android dan iOs

#7. Habitshare

Ingin membangun kebiasaan baik bersama teman-teman sekomunitas? Coba gunakan Habit Share. Aplikasi ini memungkinkan Sahabat untuk menambahkan nomor kontak atau akun media sosial kawan yang menjadi partner akuntabilitas.

Tampilan antar mukanya sangat sederhana, sangat mudah digunakan, plus tidak ada biaya membership untuk pemakaian, alias gratis.

HabitShare bisa di download di Play Store, atau App Store

Masih ada banyak aplikasi yang bisa Sahabat Motiva gunakan untuk melacak kebiasaan yang sedang Sahabat bangun. Motiva harap, ulasan di atas bisa membantu untuk mempertimbangkan tracker mana yang tepat untuk Sahabat.

Leave a Comment