Search
Close this search box.

Hidup Mindful, Sebuah Cara untuk Menemukan Hidup yang Seimbang

hidup mindful life untuk life balance
Ingin hidup lebih seimbang? Yuk, terapkan hidup mindful dalam keseharian kita, agar hidup lebih bahagia dan bermakna.

Riset Kesehatan Dasar di tahun 2018 mencatat jika lebih dari 19 juta penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental (1). Tidak heran jika semakin banyak ahli kesehatan mental yang mengkampanyekan untuk hidup yang lebih seimbang; misalkan dengan mengadopsi gaya hidup mindful.

Tapi, seperti apa hidup dengan mindful itu dan bagaimana kita mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari?

Bagaimana hidup mindful membantu menciptakan life balance

Work hard, tapi jangan lupa istira-hard” begitu bunyi meme yang pernah Motiva temukan di sebuah post Instagram.

Yap, mengambil jeda atau istirahat di tengah gaya hidup yang serba cepat dan sibuk, seolah menjadi kesalahan besar. Tuntutan kebutuhan hidup, karier, sering memaksa kita terus berlari dan melupakan istirahat.

Sayangnya ini juga membuat kita mudah kelelahan, stres, dan berpotensi mengalami gangguan mental yang serius.

Arti produktif yang sering kita dengar selama ini memang masih sering disalahartikan dengan terus menerus menghasilkan, berlari mengejar ketertinggalan. Padahal sebagai manusia, hidup kita tidak hanya tentang bekerja, karier, atau usaha menjadi nomor satu, tapi juga ada keluarga, hubungan sosial, kebutuhan fisik dan spiritual yang perlu kita perhatikan.

Sudah dari asalnya desain manusia seperti itu, semua aspek dalam hidup butuh untuk dipenuhi. Jika salah satu terlupakan, maka perjalanan hidup kita akan mulai oleng dan kehilangan arah.

Hidup mindful sering disebut sebagai cara untuk menemukan hidup yang seimbang, karena gaya hidup ini melibatkan

  • Penerimaan kepada diri sendiri dan orang lain,
  • Menghargai keberadaan diri
  • Membantu menerima perubahan termasuk perubahan pikiran dan emosi

Hidup dengan mindful membantu kita menjadi sadar dan fokus pada momen saat ini, tanpa memikirkan masa lalu atau malah mengkhawatirkan masa depan. Gaya hidup ini tidak hanya tentang memperhatikan dunia di sekitar kita, tapi juga tentang mengamati diri sendiri dengan kehadiran penuh dan tanpa penilaian.

Lalu bagaimana cara kita mempraktekkan dan belajar hidup dengan mindful? Beberapa ide di bawah ini semoga membantu.

Life balance dengan hidup mindful
Hidup mindful membantu kita hidup lebih seimbang

Cara mempraktekkan hidup mindful dalam kehidupan sehari-hari

#1. Berlatih meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang paling populer untuk mempraktekkan hidup mindful. Carilah waktu yang tenang di pagi hari atau malam hari untuk mengheningkan diri selama beberapa menit.

Saat awal berlatih meditasi, mungkin pikiran Motivans malah sibuk dengan lintasan dan ingatan ini dan itu. Jika ini terjadi cobalah untuk fokus memperhatikan napas. Tarik napas panjang, tahan sebentar, dan hembuskan perlahan.

Mulailah berlatih hening selama beberapa menit, jika sudah terbiasa silahkan tambahkan durasi waktunya.

Oya, meditasi ini tidak tentang mengosongkan pikiran ya, sebaliknya mengheningkan diri dengan tujuan menyelami, memahami, pikiran dan melatih fokus kita.

Motivans juga dapat mempraktekkan langkah meditasi seperti yang coach Darmawan Aji ajarkan dialam buku Mindful Life. Teman-teman bisa menemukan langkah belajar meditasi pada bab kelima “Hadir Utuh di Sini Saat Ini“.

Buku edisi revisinya, sudah bisa Motivans dibeli di motivastore.com. Teman-teman juga dapat mengikuti kelas Mindful Life dari ruangtraining.com, yang merupakan versi praktek dari buku “Mindful Life, Seni Menjalani Hidup Bahagia dan Bermakna“.

#2. Pusatkan perhatian pada satu aktivitas

Saat melakukan pekerjaan rumah atau beraktivitas sehari-hari, seperti berjalan, makan, atau mencuci piring; fokuslah pada tindakan tersebut dengan kesadaran penuh, jangan biarkan pikiran Motivans berkeliaran atau terganggu dengan pikiran lain.

Artikel terkait: Ide Mindfulness untuk Ibu

#3. Luangkan waktu untuk beristirahat

Dalam istilah mindfulness, beristirahat ini disebut dengan jeda, melepaskan diri sejenak dari kesibukan juga aktivitas rutin yang kita lakukan.

Mengistirahatkan diri dari aktivitas, atau kebisingan di sekitar akan membantu Motivans merasa lebih rileks dan segar.

Oya, saat jeda ini jangan gunakan untuk berselancar, nonton drama, atau malah scroll media sosial. Waktu jeda merupakan waktu kita memberi kesempatan pada sistem saraf untuk beristirahat. Lebih baik gunakan waktu untuk hening sejenak, berjalan-jalan ke luar rumah, atau malah sekedar rebahan tanpa melakukan apa-apa.

#4. Lakukan olahraga yang melibatkan gerakan dan kesadaran kita

Latihan olahraga seperti yoga, tai chi melibatkan gerakan yang sadar dan kesadaran atas napas kita. Ini tidak hanya membantu kita lebih bugar, tapi juga melatih hidup yang lebih mindful.

#5. Ciptakan lingkungan yang mendukung hidup mindful

Jika mungkin ciptakan lingkungan rumah atau tempat kerja yang mendukung hidup lebih mindful. Motivans dapat menambahkan eleman alam di sekitar rumah seperti tanaman, musik yang menenangkan, dan penggunaan cahaya alami.

Hidup mindful bukan tentang mencapai kesempurnaan, melainkan tentang menerima diri sendiri dan hidup dengan kesadaran penuh. Dengan mempraktekkan mindful life dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan keseimbangan dalam di hidup kita yang senantiasa sibuk dan penuh tekanan.

(1) Rilis media Kemenkes, tanggal akses 13 Februari 2023: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/

Tulisan ini bermanfaat? Bagikan Sekarang

Berlangganan Artikel

Dapatkan tulisan terbaru tentang produktivitas & pengembangan diri yang lain melalui email. GRATIS.

Leave a Comment

On Key

Artikel Lainnya..

digital produk OKR

Strategi Mengembangkan Produk Digital dengan OKR Sederhana

Pengembangan produk digital telah menjadi bagian integral dari dunia bisnis modern. Di era di mana teknologi terus berkembang, organisasi yang ingin tetap bersaing harus mampu merancang, mengembangkan, dan meningkatkan produk digital mereka secara efisien.  Salah

produk digital

3 Cara Simpel Mengubah Keahlian Menjadi Produk Digital

Ketika Anda memiliki keahlian atau pengetahuan yang unik, mengubahnya menjadi produk digital yang sukses bisa menjadi pilihan cerdas. Namun, bagaimana cara Anda melakukannya? Dalam artikel ini, kami akan menguraikan tiga cara sederhana untuk mengoptimalkan keahlian

5 Langkah Mudah Mengubah Keahlian Menjadi Produk Digital

Anda mungkin sudah mempunyai keahlian unik, apakah itu dalam menulis, desain grafis, pengajaran, atau bidang lainnya. Tetapi, pernahkah Anda berpikir bahwa keahlian Anda bisa menjadi sumber penghasilan tambahan melalui produk digital? Dalam artikel ini, kita