Kontak kami

081271833602

Ingin Efektif Mengatur Waktu? Miliki 5 Hal Dibawah Ini

manajemen waktu

Sudah bukan rahasia jika kemampuan mengatur waktu termasuk salah satu soft skills yang dipertimbangkan dalam dunia kerja. Karena hanya dengan ketrampilan tersebut tantangan dan tanggung jawab seorang profesional akan efektif dan mudah diselesaikan.

Namun, kemampuan mengatur waktu dengan efektif sebetulnya tidak hanya penting dalam dunia kerja, aktivitas kita sehari-hari yang memiliki banyak peran tentu juga embutuhak ketrampilan ini.

Dan terkait dengan hal ini, mengetahui aneka teknik mengatur waktu yang tepat memang sangat membantu. tapi ada beberapa hal yang sebaiknya juga kita kuasai agar cara kita membangun sistem menajemen waktu berjalan dengan baik.

5 Ketrampilan penting agar efektif mengatur

Ketrampilan menajemen waktu sebetulnya tidak hanya tentang sistem yang tepat, tapi juga terkait dengan kemampuan lain yang akan membantu memastikan jika manajemen waktu yang kita gunakan efektif.

Beberapa kemampuan tersebut antara lain:

#1. Membuat prioritas

Tidak akan pernah ada manajemen waktu yang berhasil tanpa kemampuan membuat prioritas. Kemampuan memastikan level kepentingan setiap tugas akan sangat membantu menyusun sistem manajemen yang efektif.

Kemampuan membuat prioritas membutuhkan pemahaman yang dalam tentang berapa lama setiap tugas bisa diselesaikan, urgensitas pekerjaan, dan level kepentingan pekerjaan.

Artikel terkait: Cara Membedakan Tugas Penting dan Mendesak (Urgent)

#2. Membuat rencana atau planning

Agar efektif mengatur waktu, Sahabat juga perlu mampu menganalisa tugas (atau serangkaian tugas) dan kemudian membuat pernecanaan kapan tugas tersebut akan diselesaikan.

Dalam perencanaan ini, Sahabat juga perlu mampu mengetahui langkah apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan, dan kapan sub tugas tersebut perlu dikerjakan agar tidak bentrok atau mengganggu jadwal pekerjaan yang lain.

agar efektif manajemen waktu

#3. Manajemen stres

Manajemen stres adalah salah hal penting yang wajib kita kuasai jika ingin sukses mengatur waktu.

Kemampuan mengeali level stres dan tahu bagaimana menangani kondisi stres yang kita rasakan; perlu dikuasai agar kita untuk tetap fokus dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Beberapa contoh tindakan dalam manajemen stres ini meliputi:

  • Tahu kapan harus beristirahat
  • Tahu bagaimana menghargai diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan selama ini
  • Tidak merasa bersalah jika memberi hadiah kepada diri sendiri
  • Paham dan bisa mengatur tugas mana yang perlu didelegasikan dan yang tidak
  • Tahu dan mampu berkata “tidak” untuk pekerjaan yang berpotensi membuat lelah berlebih

#4. Membuat goal-setting

Mampu menetapkan tujuan/ target untuk diri sendiri sekaligus tahu bagaimana cara menyelesaikannya termasuk kemampuan yang penting dalam manajemen waktu.

Kita sering membuat rencana atau goals hanya karena menginginkannya, bukan karena paham kemampuan diri sendiri. Wajar jika selama ini target yang kita buat juga tidak realistis. Kita hanya membuat target ideal, bukan target yang realistis.

Padahal membuat target yang realistis penting agar kita mampu membuat kemenangan-kemenangan kecil yang nantinya akan menjadi motivasi dan menjadi pendorong kita untuk terus bergerak.

Kemampuan membuat tujuan ini juga perlu dibarengi dengan kemampuan manajemen stres, agar aktivitas yang direncanakan efisien.

Artikel terkait: Kesalahan yang sering dilakukan dalam Mengatur Waktu

#5. Komunikasi

Mengatur waktu memang banyak terkait dengan goals dan planning. Dan kemampuan mengomunikasikan kedua hal tersebut, baik tertulis ataupun secara verbal, juga juga termasuk hal yang penting untuk dikuasai.

Kemampuan berkomunikasi yang baik akan membantu kita membuat rencana dan goals yang efisien. Kemampuan ini juga membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan efektif melalui pendelegasian tugas atau kerjasama tim.

Itulah daftar ketrampilan yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan mengatur waktu kita. Semoga bermanfaat, silahkan bagikan jika Sahabat merasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment