Search
Close this search box.

Jadi Lebih Produktif dengan Google

aplikasi gratis untuk lebih produktif
Tahukah Motivans, bahwa ada cara sederhana dan murah untuk jadi lebih produktif? Menggunakan ekosistem Google, misalnya.

Kesal karena catatan sering tercecer? Maunya produktif tapi malah kemana-mana bawa banyak catatan? Tenang, Google punya solusi  nih, agar Motivans bisa lebih produktif, tapi tidak ribet dengan banyak catatan.

Kemampuan mengorganisasikan tugas, catatan atau lintasan ide adalah salah satu keterampilan yang wajib dikuasai jika ingin lebih produktif sehari-hari. Untuk melakukannya, Motivans bisa menggunakan catatan konvensional seperti buku atau notebook. Tapi jika Motivans lebih suka catatan digital atau membutuhkan catatan yang mudah disinkronisasi, coba manfaatkan aplikasi yang disediakan oleh Google untuk mengorganisasikan rencana, catatan, dan aktivitas keseharian.

Bagaimana Google membantu kita lebih produktif

Jika ingin lebih produktif, maka kita perlu beradaptasi dengan teknologi atau hal lain yang dapat membantu produktivitas kita. Misalkan dengan memanfaatkan keberadaan tools atau aplikasi yang mendukung aktivitas kita sehari-hari, seperti aplikasi-aplikasi buatan Google.

Ada beberapa alasan mengapa Motiva menyarankan aplikasi Google untuk membantu Motivans jadi lebih produktif; diantaranya adalah

  1. Gratis; Seperti kita tahu Google punya banyak aplikasi yang bisa kita gunakan dengan gratis. Pada beberapa kondisi, Google memang mengenakan sistem keanggotaan berbayar, tapi ini hanya berlaku untuk kapasitas penyimpanan tertentu, bisnis, atau penggunaan yang lebih personal. Sementara untuk penggunaan pribadi dengan fitur standar, kebanyakan aplikasi Google dapat digunakan dengan gratis.
  2. Mudah disinkronkan; Selama kita memiliki akun Google, dan perangkat yang terhubung menggunakan akun yang sama; maka kita bisa mengakses data yang kita simpan dari berbagai perangkat, dimana saja, kapan saja.
  3. Mengurangi resiko kehilangan data; Tidak hanya mudah disinkronkan, menggunakan ekosistem Google juga akan mengurangi resiko kehilangan data. Tentu saja selama kita tidak menghapus data tersebut, ya.  Secara berkala Google juga sering melakukan back up data, sehingga kemungkinan resiko kehilangan data akan semakin kecil.
  4. Mudah digunakan; Kebanyakan aplikasi Google sangat sederhana, sehingga mudah digunakan bahkan bagi seorang pemula.

Jadi, selama Motivans memiliki koneksi internet dan gawai yang kompatibel dengan produk Google, maka Motivans dapat menggunakan aplikasi Google untuk meningkatkan produktivitas.

Daftar aplikasi Google untuk aktivitas yang lebih produktif

#1. Google Keep

Dulu saya mengenal Google Keep hanya sebagai aplikasi untuk membuat to-do list. Namun sekarang kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk banyak hal. Motivans bisa membuat catatan, menambahkan gambar, dan menyimpan tautan-tautan penting.

Google Keep juga termasuk salah satu aplikasi yang mudah digunakan dan paling sederhana, namun memiliki fitur yang sangat membantu kita dalam mengorganisasikan aktivitas.

Kita dapat mengorganisasikan catatan atau tugas menggunakan warna, label, atau malah gambar dan foto favorit sebagai latar belakang. Google keep juga memiliki fitur sematan (pin) agar hal-hal penting dapat dengan mudah kita temukan.

Pengelompokkan catatan juga sangat mudah. Cukup dengan seret dan lepas (drag and drop) Motivans bisa mengatur tampilan beranda sesuai selera.

Artikel terkait: Resep untuk Meningkatkan Kemampuan Mengatur Waktu

#2. Google Kalender

Pernahkah Motivans mengalami kehilangan kartu SIM gara-gara lupa memperpanjang masa aktif? Seperti apa rasanya, sebel banget, kan?

Nah, agar besok tidak lupa lagi, buat saja pengingat isi ulang kartu, 2-3 hari sebelum masa aktif habis.

Tapi selain bisa untuk reminder, saat ini Google Kalender juga bisa digunakan untuk mengatur jadwal aktivitas sehari-hari dengan time blocking, merencanakan tugas, mengatur jadwal meeting, dan pengingat acara-acara penting.

Pengkategorian di Google Kalender membantu kita melihat kegiatan dengan lebih mudah. Kita dapat menggunakan warna yang berbeda untuk mengelompokkan kegiatan.

#3. Google Drive

Sejak sekolah dan bekerja banyak dilakukan dari rumah, Google Drive terkenal sebagai aplikasi sejuta umat, yang memudahkan kolaborasi dan penyimpanan data. Dilengkapi dengan folder dan pendukung sistem offline, pengorganisasian kegiatan sehari-hari semakin mudah dilakukan.

#4. Google Task

Meskipun banyak membuat aplikasi yang bermanfaat bagi usernya, Google memang sering menciptakan aplikasi yang overlap. Begitu juga dengan Google Task dan Google Keep.

Kedua aplikasi tersebut memang bisa digunakan untuk mengorganisasikan tugas atau aktivitas kita. Bedanya, pada Google Keep kita tidak dapat membuat sub tugas seperti pada Google Task.

Pada Google Keep kita hanya bisa membuat reminder pada satu kelompok tugas. Sementara pada Google Task, reminder dapat dibuat pada setiap tugas.

google task aplikasi google untuk lebih produktif

Oya, khusus untuk penggunaan pada desktop, aplikasi Google Task saat ini bisa dinikmati dengan tampilan Kanban menggunakan aplikasi TaskBoard. Tidak ada yang jauh berbeda sebetulnya, namun dengan tampilan Kanban, kita lebih mudah melihat gambaran besar tugas.

Untuk TaskBoard ini, data yang tersimpan di Google Task, akan berada di folder pengguna dasar. namun jika ingin meningkatkan penggunaan yang lebih terpersonal, maka Motivans perlu membayar biaya langganan.

#5. Google Mail atau Gmail

Aplikasi sejuta umat dari Google lainnya adalah Google Mail. Adanya fitur kategori memudahkan kita mengelompokkan surel yang masuk. Melakukannya juga cukup mudah, cukup seret dan lepaskan, surel akan terkategorikan dengan rapi.

Bagaimana, banyak kan aplikasi digital gratis yang bisa membantu kita lebih produktif? Jadi, mari berhenti menunda, dan mulai melakukan apa yang kita rencanakan .

Tulisan ini bermanfaat? Bagikan Sekarang

Berlangganan Artikel

Dapatkan tulisan terbaru tentang produktivitas & pengembangan diri yang lain melalui email. GRATIS.

Leave a Comment

On Key

Artikel Lainnya..

digital produk OKR

Strategi Mengembangkan Produk Digital dengan OKR Sederhana

Pengembangan produk digital telah menjadi bagian integral dari dunia bisnis modern. Di era di mana teknologi terus berkembang, organisasi yang ingin tetap bersaing harus mampu merancang, mengembangkan, dan meningkatkan produk digital mereka secara efisien.  Salah

produk digital

3 Cara Simpel Mengubah Keahlian Menjadi Produk Digital

Ketika Anda memiliki keahlian atau pengetahuan yang unik, mengubahnya menjadi produk digital yang sukses bisa menjadi pilihan cerdas. Namun, bagaimana cara Anda melakukannya? Dalam artikel ini, kami akan menguraikan tiga cara sederhana untuk mengoptimalkan keahlian

5 Langkah Mudah Mengubah Keahlian Menjadi Produk Digital

Anda mungkin sudah mempunyai keahlian unik, apakah itu dalam menulis, desain grafis, pengajaran, atau bidang lainnya. Tetapi, pernahkah Anda berpikir bahwa keahlian Anda bisa menjadi sumber penghasilan tambahan melalui produk digital? Dalam artikel ini, kita