Kontak kami

081271833602

Kunci Sukses Mengembangkan Diri

5 hal yang menjadi kunsi sukses self development

Apa arti sukses dalam hidup? Apakah kita bisa disebut sukses saat mencapai posisi tertentu, saat mencapai pendapatan dalam jumlah tertentu, atau saat bisa mewujudkan passion kita?

Sukses setiap orang memang bisa berbeda, tapi ada satu kesuksesan yang sama bagi semua orang, yaitu sukses dalam meningkatkan kualitas diri (self-improvement) untuk mencapai tujuan hidup.

Sayangnya, self-improvement sendiri juga bukan sebuah perjalanan yang mudah. Butuh modal tertentu agar kita mencapai sukses mengembangkan kualitas diri kita.

Apa saja modal atau kunci sukses tersebut? Berikut 5 diantaranya.

5 Kunci sukses untuk tumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik

Kunci Sukses #1. Keyakinan

Masih ingat saat pertama kali Sahabat mencoba naik sepeda? Meskipun sampai lecet sana-sini, jatuh-bangun tidak bisa membuat Sahabat menyerah; terus mencoba lagi, dan lagi. “Pokoknya aku kudu bisa!”

Setiap pengalaman, baik itu berhasil atau malah gagal, sebetulnya membawa kita mendekat kepada tujuan kita.

Dan percaya bahwa yakin “aku bisa” adalah kunci sukses untuk terus tumbuh ; tidak peduli sesulit apapun hal yang sedang dihadapi.

Punya keyakinan yang kuat adalah salah satu modal sukses mengembangkan diri

Kunci sukses #2. Jadi penggemar fanatik diri sendiri

Masih ingat saat dulu punya idola? Apa yang biasanya Sahabat lakukan untuk menunjukkan jika Sahabat mendukung seluruh aktivitas dan kehidupannya? Memberi mereka ruang untuk tumbuh, kesempatan beraktivitas maksimal, atau malah bersedia berdiri di garda terdepan saat mereka dalam masalah?

Begitulah perilaku kita saat mengidolakan orang lain; no matter what happen or what you do, I will always love you.

Bisa dibayangkan seandainya dukungan tersebut juga kita berikan pada diri kita? Kira-kira sekeren apa perubahan yang bisa kita buat? Saat semua berjalan sesuai rencana, kita bersyukur, dan yakin dengan langkah selanjutnya. Saat semua tidak berjalan sesuai rencana, kita juga mudah memaafkan diri. Persis seperti saat idola kita membuat kesalahan.

Agar terus termotivasi penting bagi kita untuk mampu memaafkan diri sendiri.

Sebuah penelitian yang di terbitkan online oleh sagepubliccation menyebutkan jika ada korealsi positif antara self-compassion dan self-improvement.

“Orang yang mampu menerima kegagalannya lebih termotivasi untuk mengembangkan diri”

Jika Sahabat Motiva biasa melihat kegagalan sebagai bagian dari kesuksesan, maka tidak ada alasan bagi Sahabat kehilangan motivasi saat gagal.

Self-compassion adalah salah satu kunci sukses untuk pengembangan diri. Kegagalan kita lihat sebagai kesempatan untuk tumbuh alih-alih sebagai ketidakmampuan diri. Self-compassion inilah yang kemudian menjadi pendorong untuk belajar lagi.

Artinya jika Sahabat Motiva ingin menciptakan hidup yang seperti yang Sahabat inginkan, maka perlu meluangkan waktu untuk mencari ilmu bagaimana mewujudkan harapan agar menjadi nyata.

Kebanyakan orang akan berhenti saat melihat hambatan atau gagal dilangkah pertama. Mereka tidak bersedia mengambil tanggung jawab atas keinginan hidup yang mereka impikan.

Padahal setiap kita sebetulnya sudah punya potensi untuk meraih impian tersebut. Hanya mau menggunakannya atau tidak.

Dengan menjadi “fans berat” pada diri sendiri, berarti kita memberi kesempatan yang lebih luas untuk tumbuh dan bangkit saat gagal.

Kunci sukses #3. Tidak lari dari masalah

Pernah mendengar tentang ostrich effect? Kondisi ini sering digunakan untuk menggambarkan kebiasaan kita menghindari informasi atau feedback negatif meski kedua hal tersebut bermanfat untuk kita.

Misalnya, kita malas membuat catatan keuangan, karena jika catatan tersebut terbaca pasangan bisa menimbulkan pertengkaran.

Atau ketika deadline pekerjaan semakin mendekat, kita memilih mematikan jalur komunikasi. Bukan tidak ingin terganggu tapi karena takut diingatkan tentang deadline tersebut.

Mau menerima feed back adalah salah satu kunci sukses mengembangkan diri

Pada kenyataanya, informasi atau feedback dari orang lain sangat berguna, terutama jika terkait dengan proses pengembangan diri. Pada awalnya memang terasa tidak enak, tapi cobalah fokus pada gambaran besar atau goals yang kita inginkan.

Kunci sukses #4. Review is a-must

Pernahkah merasa sepertinya sudah bekerja keras, hingga batasan antara bekerja dan istirahat nyaris hilang; tapi hasil seolah sama saja? Atau mungkin sepertinya sudah berusaha menjadi yang terbaik tapi ternyata kita selalu tertinggal langkah dengan rekan kerja?

Saat tidak ada pengukuran yang pasti, kita merasa semua terlihat baik-baik saja. Bahwa kita sudah melakukan yang terbaik, tetap dalam batas standar yang kita inginkan, tapi pada kenyataanya ilmu kita sudah tertinggal jauh dibelakang. Standar yang kita pakai untuk bekerja juga sudah berubah banyak.

Sayangnya, pengukuran/ tracker kadang memperlihatkan hasil yang tidak kita inginkan Dan ini bisa membuat kita menghindari dan merasakan diri gagal.

Daripada menghindari masalah (dalam hal ini memiliki perasaan gagal) lebih baik buatlah penyesuaian kecil secara berkala agar Sahabat tahu apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan.

Kunci sukses #5. Ubah image diri

Ini tidak tentang kita mengubah gambaran diri kita atau berpura-pura menjadi orang lain. Namun, kita menggunakan teknik visualisasi untuk mewujudkan apa yang kita inginkan.

Teknik visualisasi untuk sukses mengembangkan diri

Prinsip dasar dari teknik visualisasi adalah pikiran kita tidak dapat membedakan kenyataan dengan bayangan (fantasi). Pengalaman yang kita alami akan disimpan dan dikategorikan dengan cara yang sama. Tidak peduli apakah hal tersebut nyata kita alami atau tidak. Inilah alasan mengapa kita bisa larut terbawa emosi saat nonton film.

Sudah banyak orang sukses, atlet, termasuk aktor yang menggunakan teknik visualisasi untuk mencapai tujuan hidup mereka.

Jadi, jika ingin sukses dalam proses pengembangkan diri, masukkan juga teknik visualisasi ini untuk mengubah gambaran diri kita saat ini menjadi kita di masa depan.

Karakter seperti apa yang diinginkan, apa yang karakter tersebut lakukan saat mengalami kegagalan, apa saja proses dilalui agar mampu menjadi karakter tersebut.

Dan seperti disebutkan di atas, saat kita menvisualisasikan diri kita menjadi karakter tertentu yang mampu melampaui proses pengembangan diri, pikiran kita pun akan mulai percaya jika kita menjadi pribadi baru persis seperti yang kita inginkan.

Apapun anggapan sukses yang Sahabat Motiva yakini saat ini, Sahabat perlu terus bertumbuh untuk mencapai tujuan hidup yang telah Sahabat tentukan.

Dengan kata lain, mindset Sahabat saat ini telah banyak membantu menciptakan hidup yang Sahabat saat ini.

Karena itu, perubahan yang Sahabat inginkan, juga menuntut perubahan mindset. Dan kelima kunci sukses pengembangan diri, akan membantu Sahabat melakukannya.

Leave a Comment