Kontak kami

081271833602

Mendefinisikan Kembali Arti Sukses dalam Hidup

arti sukses dalam hidup

Apa arti sukses?

Biasanya, kita mengartikan kesuksesan sebagai memiliki kekayaan, dikenal oleh banyak orang, tercapainya tujuan hidup, atau hidup dengan bahagia.

Tapi dalam bukunya “Born to Win” Zig Ziglar mengatakan jika sukses tidak bisa didefinisikan dalam satu kalimat. Bagi Ziglar, sukses terbentuk dari banyak hal, dan akan berbeda antara satu individu dan lainnya.

Di artikel yang telah lalu, Motiva telah mengulas apa yang perlu dilakukan saat merasa orang lain lebih sukses dari kita. Salah satunya adalah dengan mendefinisikan ulang, apa arti sukses untuk kita.

Untuk membantu Sahabat mendefinisikan kembali arti sukses, berikut Motiva rangkumkan 11 arti sukses yang jarang digaungkan oleh banyak orang.

11 Arti sukses untuk hidup yang lebih bermakna

#1. Sukses adalah melakukan yang terbaik

Sukses hanya bisa diraih saat kita melakukan yang terbaik dalam semua hal yang kita lakukan, meskipun hasil pekerjaan tersebut tidaklah besar.

Jika Sahabat Motiva selalu berusaha melakukan yang terbaik, maka seharusnya Sahabat bisa bangga pada diri sendiri karena sukses melakukan semua hal seperti yang Sahabat inginkan.

#2. Sukses berarti punya tujuan (goals) yang jelas

Selalu tetapkan goals yang realistis, jelas, dan terukur. Sukses tidak datang dari goals yang abstrak.

Jadi, bila saat ini Sahabat sudah tahu apa tujuan hidup dan goals yang ingin diraih, berilah selamat kepada diri sendiri; meskipun saat ini tujuan tersebut belum tercapai.

Oya, jika Sahabat Motiva belum yakin bagaimana membuat goals yang spesifik, sesuai dengan misi dan visi Sahabat, yuk gabung di kelas “Mendesain Hidup” dan temukan, goals apa yang sesuai dengan potensi yang Sahabat miliki.

#3. Sukses berarti punya “rumah”

Rumah tidak berarti harus sebuah bangunan yang berdiri di atas tanah milik kita. Rumah adalah dimana hati kita merasa tenang, damai, dan bahagia. Wujudnya dapat berupa kampung halaman, sebuah negara, atau seseorang.

Jika saat ini Sahabat memiliki sebuah tempat yang membuat Sahabat merasa nyaman, selamat! Sahabat sudah menemukan sesuatu yang sangat berharga.

#4. Sukses adalah paham beda ingin dan butuh

Jika setiap bulan Sahabat dapat memenuhi kebutuhan bulanan dan kebutuhan dasar bahkan tanpa berhutang, artinya Sahabat sudah sukses.

Mampu mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan diinginkan adalah kunci awal dari kestabilan kondisi keuangan. Dan ini salah satu jalan menuju sukses.

#5. Sukses adalah percaya jika mampu melakukan sesuatu

Jika Sahabat percaya punya kemampuan untuk melakukan rencana yang sudah Sahabat, maka Sahabat akan sukses.

Percaya pada kemampuan diri sendiri tidak datang begitu saja, butuh kemampuan mengambil hikmah dari kesalahan atau kegagalan, juga keberanian untuk mencoba lagi.

Jadi jika saat ini Sahabat percaya jika Sahabat mampu, selamat! You’re doing great.

#6. Sukses adalah tahu bagaimana menyeimbangkan antara pekerjaan dan passion

Bekerja tanpa passion biasanya hanya menyebabkan stres dan pencapaian yang kosong. Jika ingin hidup bahagia, cobalah fokus pada hal yang memang Sahabat minati.

Tapi jika hal tersebut tidak mungkin Sahabat lakukan, cobalah untuk menyeimbangkan pekerjaan formal dengan hobi atau bekerja volunteer pada bidang yang Sahabat sukai.

#7. Sukses adalah tahu bagaimana memperhatikan diri sendiri

Sebuah teko yang kosong, tidak akan pernah bisa menuangkan air ke dalam gelas.

Self-care sangatlah penting dalam keseharian hidup, jika Sahabat ingin memberikan dampak yang berarti pada lingkungan sekitar.

#8. Sukses berarti tahu kapan berkata “ya” dan kapan berkata “tidak”

Sukses hanya akan datang jika kita mampu menyeimbangkan hidup kita. Dan salah satu bagian penting dari hidup yang seimbang adalah berani berkata “tidak”.

Berkata “tidak” bukan berarti kita egois, tapi artinya kita punya prioritas yang berbeda.

#9. Sukses berarti menyadari bahwa hidup penuh dengan keberlimpahan

Keberlimpahan seringkali diartikan dengan harta yang melimpah, rekening di bank yang penuh, rumah di banyak lokasi, dan masih banyak lagi.

Padahal, apapun kondisi kita saat ini sebetulnya sudah penuh dengan keberlimpahan. Coba hitung berapa jumlah sel di telapak tangan Sahabat; berapa kubik oksigen yang sudah sahabat hirup selama ini?

Menyadari hidup penuh dengan keberlimpahan akan menumbuhkan perasaan bersyukur, dan memberi makna sukses dalam hidup.

#10. Sukses adalah mampu mengalahkan batasan

Mengalahkan batasan memang tidak terlihat sebagai juara di mata orang lain. Tapi diakui atau tidak, mampu mengatasi batasan adalah pintu menuju kesuksesan besar selanjutnya.

Bila saat ini Sahabat masih berkutat dengan banyak batasan diri (limiting belief), cobalah mulai hari ini atasi satu per satu. Dan jangan lupa, hargai setiap pencapaian yang bisa diraih, ya.

#11. Sukses berarti bisa belajar hal baru setiap hari

Mereka yang sukses paham, jika tidak ada kata berhenti belajar. Jadi, setiap hari luangkanlah waktu  untuk mendengarkan podcast, menonton TED talk, membaca artikel atau buku yang saat ini sedang menarik perhatian Sahabat.

Oya, setiap hari Rabu, coach Darmawan Aji juga mengadakan IG Live bedah buku bisnis di Instagram Beliau, lho. Jangan lupa ikuti update jam-nya lewat akun Instagram @ajipedia, ya. 

Begitulah, sukses memang bisa didefinisikan dalam banyak bentuk. Pada intinya, jika aat ini Sahabat Motiva sudah merasa bahagia, dicintai, dan mampu menikmati setiap hari, sebenarnyalah Sahabat sudah sukses.

Oya, dari kesebelas arti sukses di atas, definisi manakah yang saat ini sesuai dengan nilai dan prinsip hidup Sahabat Motiva?

Jika masih ragu, yuk, definisikan kembali arti sukses yang “gue banget” di kelas “Mendesain Hidup” dari ruangtraining.com. Klik button di bawah ini untuk informasi lebih lanjut, ya.

Leave a Comment