Kontak kami

081271833602

10 Cara Meningkatkan Kemampuan Mengatur Waktu

10 cara untuk meningkatkan kemampuan mengatur waktu

Pada artikel sebelumnya, Motiva telah membahas ketrampilan utama yang perlu kita miliki jika ingin mengatur waktu dengan baik. Kali ini kita akan membahas cara untuk meningkatkan ketrampilan atau kemampuan mengatur waktu .

10 Cara untuk meningkatkan kemampuan mengatur waktu

Sepintas mengingatkan, ada 5 modal yang kita butuhkan agar mampu mengatur waktu dengan baik. Modal tersebut adalah memiliki kemampuan membuat prioritas, membuat rencana, manajemen stres, menetapkan goals (goals-setting), dan komunikasi.

Meskipun 5 hal di atas sudah kita miliki, kita masih perlu membangun sistem manajemen waktu yang tepat dan sesuai dengan keseharian. Sepuluh teknik di bawah ini semoga membantu Sahabat menemukan sistem yang tepat.

#1. Mulailah lebih awal

Jika mungkin, cobalah mulai mengerjakan tugas, pekerjaan, atau to-do sebelum waktu yang telah dijadwalkan.

Cara ini akan membantu Sahabat mengembangkan strategi untuk menyelesaikan pekerjaan, serta mengatasi penundaan.

Kemampuan mengatur waktu dapat ditingkatkan dengan bekerja lebih awal

#2. Nyamanlah dengan kata “tidak”

Kita sering menerima tanggung jawab sebanyak mungkin atas nama rasa tidak enak, demi menunjukkan dedikasi, atau memberi kesan positif.

Tapi mengambil banyak tanggung jawab hanya akan mempersulit project Sahabat untuk membangun sistem mengatur waktu yang tepat.

Mengambil banyak tanggung jawab dalam satu waktu juga berpotensi membuat hasil pekerjaan tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Karena itu, mulailah merasa nyaman berkata “tidak”. Ini tidak sekedar untuk menunjukkan sisi egois atau ketidaksetiaan , tapi pertanggungjawaban atas hasil pekerjaan yang lebih baik.

#3.Punya jadwal istirahat

Sudah bukan masanya bekerja tanpa istirahat. Model tersebut bukanlah cara bekerja yang cerdas. Mesin yang tanpa tenaga manusia saja butuh istirahat, bukan?

Karena itu masukkan waktu istirahat ke dalam jadwal harian Sahabat. Istirahat membantu berpikir lebih jernih dan kreatif. Punya waktu istirahat juga membantu kita memiliki kebiasaan baik untuk manajemen stres yang efektif.

#4. Atur tugas sesuai prioritas

Kemampuan membuat prioritas sangat penting dalam manajemen waktu. Karena tanpa prioritas, sebagus apapun sistem manajemen yang Sahabat adaptasi, sistem tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

Prioritas tidak hanya tentang “penting dan tidak penting” atau “urgen dan tidak urgen”. Tapi juga tentang mendelegasikan tugas.

“Kita tidak butuh lebih banyak waktu, waktu 24 jam itu sudah cukup. Yang kita butuhkan adalah kemampuan membuat prioritas.”

#5. Jadwalkan tugas, termasuk deadline-nya

Luangkan waktu untuk menyusun jadwal dengan rinci untuk setiap tugas yang aktif. Jangan lupa tetapkan juga tenggat waktunya.

Menjadwalkan setiap tugas membantu kita menvisualisasikan tugas mana yang butuh lebih banyak usaha, serta paham sejauh mana kemampuan kita menyelesaikan satu pekerjaan.

#6. Rapikan dan atur ruang/ meja kerja

Meja atau ruang kerja yang rapi dan teratur akan mencegah kita menghabiskan waktu mencari barang yang kita butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Oya, “merapikan dan mengatur” ini berlaku juga untuk file, dokumen, dan hal pendukung lainnya, ya.

Biasanya kemampuan mengorganisasikan seperti ini akan memperkuat kemampuan merencanakan/ planning.

Tahu dimana letak setiap barang yang kita butuhkan akan sangat mengurangi kadar stres yangsehari-hari.

Membuat prioritas penting dalam kemampuan mengatur waktu

#7. Tahu pola produktivitas pribadi

Setiap orang punya pola produktivitas yang berbeda. Sebagian mungkin akan produktif di siang hari, sebagian lagi mungkin di jam setelah makan siang, atau makan malam.

Mengidentifikasi waktu kapan waktu terproduktif membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

Gunakan log activity untuk mengetahui bagaimana pola produktivitas Sahabat sehari-hari. Catat selama seminggu, bagaimana Sahabat menggunakan waktu dari jam ke jam. Saran dari Motiva, lakukan pencatatan 2-3 kali sehari. Misalkan di pagi hari, saat membuat atau mengecek daftar pekerjaan, catat juga apa yang sudah Sahabat lakukan sejak bangun tidur, jangan lupa catat juga durasi waktunya, ya.

Jika pola produktif sudah ditemukan, maka jadwalkan pekerjaan yang lebih mudah diselesaikan atau pekerjaan yang membutuhkan fokus lebih rendah di luar waktu produktif. Dan isi waktu produktif dengan aktivitas yang membutuhkan waktu lama atau tugas yang lebih penting.

#8. Gunakan aplikasi pelacak produktivitas

Salah satu hal penting dalam produktivitas adalah tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan utntuk melakukan satu pekerjaan.

Dengan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu pekerjaan, kita akan lebih mudah membuat atau merencanakan jadwal dengan realistis dan akurat.

Sahabat dapat menggunakan aplikasi management yang terintegrasi dengan aplikasi pelacakan waktu, misalnya tick-tick, clik up, Clockify, Hubstaff, dan lain sebagainya.

#9. Fokus pada satu pekerjaan pada satu waktu

Multitasking memang terdengar seperti strategi yang tepat untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu.

Tapi sudah banyak penelitian yang membuktikan jika fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang lebih baik dibanding dengan mereka yang mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu.

Single tasking juga membantu kita untuk mengurangi distraksi

#10. Beri hadiah untuk diri sendiri

Saat mampu menyelesaikan satu pekerjaan dan kita melihat bahwa telah membuat satu kemajuan dalam hidup kita, biasanya timbul keinginan untuk memberikan hadiah pada diri sendiri.

Well, jangan ragu untuk melakukannya ya, yang penting pilih aktivitas yang tidak akan menganggu rutinitas produktivitas kita. Misalkan minum secangkir kopi, nabung Rp 5rb ke kencleng “beli buku” atau nyalon, berendam di bath ub , selfie, ngemil makanan favorit dan masih banyak lagi.

Yang pasti, apapun pilihan Sahabat untuk menghadiahi diri sendiri, pilihlah sesuatu yang memang benar-benar memotivasi utuk tetap produktif, ya.

Selamat mencoba, semoga 10 tips di atas mampu membantu Sahabat untuk meningkatkan produktivitas terutama dalam hal mengatur waktu.

Leave a Comment