Kontak kami

081271833602

Trik Ngumpulin Semangat Kembali ke Rutinitas Usai Liburan

cara kembali ke rutinitas harian

Liburan tinggal hitungan hari. Leader di grup chat juga sudah mulai reminder. Aduh, rasanya kok malas ya, kembali ke rutinitas lagi. Hawa lebaran masih terasa, masih pengen rebahan, dan ha hi hi bersama teman serta saudara.

Tapi ya, mau bagaimana lagi. Inilah tanggung jawab yang perlu kita tunaikan sebagai manusia dewasa bukan? Jadi, yuk, di sisa liburan ini kita mulai membuat persiapan untuk kembali ke rutinitas.

Cara kembali ke rutinitas seusai liburan

Liburan sebetulnya memang waktu untuk kembali mengisi ulang “baterai” energi kita. Tapi mungkin sebagian dari kita masih saja sesekali memikirkan pekerjaan. Wajar jika saat kembali ke rutinitas, perasaan ingin rebahan masih juga menggelayut.

Agar hari pertama besok lebih semangat, mari kita mulai benahi. Dan inilah 5 langkah yang Motiva kumpulkan untuk kembali ke rutinitas setelah liburan.

#1. Terima rasa tidak nyaman tersebut

Siapa yang suka liburan berakhir? Sepertinya jarang, ya. Perasan ini biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman. Ada pertentangan perasaan antara enggan kembali ke rutinitas, versus tuntutan tanggung jawab kita sebagai manusia dewasa.

Langkah pertama untuk keluar dari perasaan ini adalah “menerima perasaan tersebut se-apaadanya“, tanpa menghakimi. Memahami bahwa, tidak masalah jika kita merasa enggan untuk kembali ke rutinitas saat liburan usai.

Meski Sahabat adalah tipe orang yang selalu positif, tidak perlu merasa bersalah jika punya perasaan seperti itu. It’s okay not to be okay.

#2. Beri waktu jeda

Jika mungkin, luangkan waktu 1-2 hari untuk beristirahat sebelum kembali bekerja. Gunakan waktu ini untuk mempersiapkan pikiran, merapikan kembali rumah, atau menyelesaikan beberapa urusan yang belum selesai sebelum liburan.

trik kembali ke rutinitas pekerjaan
Memberi waktu jeda pada diri sendiri, membantu kita kembali ke rutinitas dengan lebih baik

#3. Luangkan waktu untuk self-care

Agar lebih siap kembali ke rutinitas, beri sedikit waktu juga untuk diri sendiri; misalnya menyiapkan baju favorit untuk bekerja, sekedar mendengarkan musik di teras, atau baca buku.

#4. Kembali ke jadwal atau rutinitas tidur

Jadwal tidur biasanya jadi berantakan saat kita liburan, entah karena begadang, memilih bangun lebih siang, atau malah tidur siang berjam-jam.

Jadi, sebelum kembali ke rutinitas, cobalah mulai disiplin tidur, juga disiplin bangun. Jika perlu cobalah tips-tips tidur lebih nyenyak seperti menghentikan penggunaan alat elektronik satu jam sebelum tidur, mandi air hangat, membaca buku, atau malah meneruskan kebiasaan ibadah malam di bulan Ramadhan (sholat witir dan membaca Al-Qur’an).

#5. Mulai buat planning

Sebelum kembali bekerja, lakukanlah brain dump terkait dengan semua aktivitas yang perlu dikerjakan. Mulailah membuat daftar apa saja yang perlu dilakukan (to-do list), baik untuk pekerjaan rumah tangga, bisnis, ataupun pekerjaan sehari-hari.

Luangkan juga waktu untuk mengecek kotak surel dan merapikan isinya, siapa tahu ada beberapa surel yang perlu ditindak lanjuti.

Saat membuat to-do, Sahabat mungkin baru menyadari ada banyak hal yang perlu dikerjakan atau diselesaikan di hari pertama bekerja. Karena itu jangan lupa buatlah daftar prioritas. Tentukan mana saja yang perlu langsung dikerjakan, didelegasikan, atau malah bisa dikerjakan di lain waktu.

Kembali ke rutinitas bekerja atau aktivitas sehari-hari, bisa jadi bukan hal yang menyenangkan. Motiva harap, 5 tips di atas bisa membantu Sahabat beraktivitas kembali dengan lebih mudah.

Salam produktif!

Leave a Comment